contoh ekosistem alami
Umum

Contoh Organisme dalam Ekosistem Alami

Ekosistem adalah sebuah pola interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya, yaitu antara komponen biotik dan abiotik yang menyebabkan keberlangsungan sebuah kehidupan.

Jika diklasifikasikan berdasarkan proses terbentuknya, ada 2 jenis ekosistem yaitu ekosisitem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah jenis ekosistem yang terbentuk melalui proses alami (pengaruh kondisi alam). Sedangkan untuk ekosistem buatan terbentuk karena campuran tangan manusia.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai contoh-contoh organisme dalam ekosistem alami. Apa saja itu? Simak ulasannya dibawah ini.

Contoh Organisme dalam Ekosistem Alami

Secara keseluruhan ekosistem yang ada dibumi ada dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Dimana masing-masing ekosistem mempunyai komponen yang berbeda.

Komponen biotik adalah makhluk hidup yang ada di sebuah ekosistem, yaitu produsen, konsumen, dan pengurai. Berikut ini adalah masing-masing penjelasannya yang kami kutip dari academia, antara lain.

1. Produsen

Adalah makhluk hidup yang memiliki peran untuk menghasilkan bahan-bahan organik yang berasal dari zat anorganik yang dibutuhkan bagi makhluk hidup lain.

Semua tumbuhan yang mempunyai klorofil bisa dikatakan sebagai produsen. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan berklorofil bisa mengubah zat anorganik menjadi zat organik dengan menggunakan bantuan sinat matahari dan zat hara.

Hasil dari proses ini nantinya berbentuk gula yang diuraikan menjadi protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat yang menjadi sumber energi makhluk hidup.

2. Konsumen

Adalah organisme yang mempunyai peran sebagai pemakan energi serta bahan organik yang dihasilkan oleh produsen. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menjaga kelangsungan hidup.

Manusia, Hewan, dan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil adalah contoh dari konsumen. Sehingga kehidupannya sangat bergantung dari produsen.

3. Pengurai

Adalah mikroorganisme seperti bakteri pembusuk dan jamur. Sisa-sisa makanan, hewan dan bahan organik lain adalah sumber makanan utama untuk pengurai.

Setelah diuraikan oleh mikroorganisme, sisa-sisah bahan organik membusuk dan menjadi zat hara yang sangat penting untuk tanah menjadi subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *