Komposisi Foto Pattern
Fotografi

Komposisi Foto Patern

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai elemen komposisi fotografi Pola atau bisa juga disebut Pattern. Pola adalah elemen grafis yang berulang-ulang tampil di dalam frame, pengulangan disini bisa berupa bentuk, warna, objek, atau garis yang dalam pola pengulangan bisa teratur maupun tidak teratur.

Pola bisa kita dapatkan dimana-mana, baik itu secara alami maupun buatan seperti susunan bata, bunga, gedung, sawah dan lain sebagainya. Terkadang ibjek yang paling sederhana bisa tampil dengan menarik, bagus tidaknya suatu pola untuk difoto sangat subjektuf, semua tergantug dari kejelian mata dan kreativitas kita.

Cara Memaksimalkan Komposisi Fotografi Pattern

Jika anda menemukan suatu pola yang menarik, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan supaya pola tersebut terlihat lebih dramatis saat di foto. Beberapa hal tersebut seperti angle foto, misalnya saja foto bunga diatas dimana bunga tersusun secara rapi dan ditengah-tengah terdapat cincin. Pola tersebut terlihat bagus jika difoto dari atas.

Selain itu jenis lensa dan jarak pemotretan juga sangat menentukan hasil dramatis dari suatu foto pola. Maka dari itu anda harus teliti dalam memotret foto pattern/pola.

Penempatan Komposisi Fotografi Pattern

Ada dua penempatan dalam komposisi fotografi pattern, yakni merata dan acak. Berikut ini adalah penjelasan dari penempatan merata dan acak, simak dengan baik.

1. Penempatan Acak

Seperti pada namanya, penempatan acak adalah penyusunan benda yang akan difoto secara acak. Namun penempatan ini masih memiliki keteraturan yang memberikan irama kepada foto.

2. Penempatan Merata

Seperti pada namanya, penempatan merata adalah penyusunan objek atau benda yang akan difoto secara merata. Berbeda halnya dengan penempatan acak, penempatan merata menyusun objek secara lebih terprediksi. Hal tersebut akan menghasilkan irama yang berbeda, serta gambar yang dihasilkan akan memiliki kesan yang sangat berbeda.

Nah itulah beberapa sedikit penjelasan mengenai komposisi fotografi pattern atau pola. Jika anda masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *