daerah dengan tambang emas terbesar didunia
Umum

Negara Tambang Emas Terbesar di Dunia

Bumi ini memang dianugerahi dengan kekayaan berupa emas murni yang sangat melimpah. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya industri penambangan emas yang tersebar di berbagai belahan bumi ini.

Ada berbagai daerah pertambangan di dunia ini yang dijadikan sebagai pusat penambangan emas. Salah satunya Indonesia, tapi sebenarnya urutan keberapa si negara Indonesia sebagai penghasil emas di dunia?

Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah beberapa negara di dunia dengan pertambangan emas terbesar yang kami kutip dari https://ilmutambang.com, antara lain:

1. Indonesia

Grasberg mungkin masih asih di telinga kita, namun jika kita menyebut Freeport pasti masyarakat sudah mengetahui perusahaan tersebut. Tambang emas Grasberg di Papua diperkirakan memiliki cadangan emas sebesar 106,2 juta ounce. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat emas di siberia.

Sebelumnya, Freeport Indonesia mempunyai saham sebesar 90 di tambang ini. Namun sekarang Indonesia berhasil menguasai 51 persen saham dengan membeli hak partisipasi dari Rio Tinto sekitar USD 3,86 triliun.

2. Afrika Selatan

Tambang emas South Deep yang terletak di Afrika Selatan adalah tambang emas terbesar kedua di dunia. Dulunya tambang emas ini dikenal sebagai Western Areas Gold Mine. Operator dan pemilik tambang emas South Deep adalah perusahaan yang bernama Gold Felds.

Tambang emas ini bisa memproduksi emas sebesar 500 ribu ounce setiap tahunnya.

3. Papua Nugini

Papua Nugini mempunyai cadangan emas terbesar ketiga di dunia. Lokasi tambang emas ini berada di Provinsi Irlandia Baru, timur laut port Moresby. Ada sekitar 64,1 juta ounce emas yang ada di tambang ini.

Persediaan emas di Lihir berada di dalam Kaldera Luise, sebuah kawah gunung berapi yang sudah punah tapi masih aktif secara geotermal. Tambang emas ini 100 persen dioperasikkan dan dimiliki oleh Lihir Gold Limited sebelum kemudian Merger dengan Newcrest.

4. Uzbekistan

Selanjutnya ada tambang emas di Uzbekistan yang memiliki kandungan emas sebsar 50 juta ounce. Tambang emas ini bernama Muruntau yang terletak di padang Pasir Kyzyl, dan diimiliki oleh pemerintah Uzbekistan.

Meskipun sempat menghasilkan hampir 2,2 juta ounce emas pada 2016, pemerintah uzbekistan masih enggan membeberkan informasi secara lebih detail.

5. Rusia

Yang terakhir berada di negara Rusia, tepatnya di Krasnoyarsk. Berdasarkan perhitungan pada tahun 2012, tambang emas disini yang bernama Olimpiada mempunyai cadangan emas sebesar 47,5 juta ounce dan sempat memproduksi emas sebsar 943 ribu ounce pada 2016 lalu.

Penambangan di pertambangan tersebut dioperasikan oleh Polyus yang saat ini dimiliki oleh miliarder Rusia, Said Kerimov.

Nah itulah beberapa negara dengan cadangan emas terbesar yang ada. Bagaimana? Indonesia memiliki cadangan emas yang sangat besar bukan?. Sebaiknya kita patut bangga akan hal tersebut, tapi jangan lupa juga untuk selalu menjaga lingkungan, dengan cara tidak terlalu eksploitasi alam berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *